oleh

Titik Nol IKN Ramai Dikunjungi Wisatawan, Ini Tanggapan Dinas Pariwisata Kaltim

Samarinda, Kaltimnow.id – Titik nol kilometer kawasan Ibu Kota Negera (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi tempat wisata dadakan. Banyak warga datang dari berbagai daerah untuk melihat secara langsung lokasi yang akan dibangun Istana Presiden itu.

PLT Kepala Dinas Pariwisata Kalimamtan Timur (Kaltim) Muhammad Irvan Rivai memberikan tanggapan adanya wisata dadakan tersebut. Ia mengatakan tidak mengetahui wisata titik nol IKN itu bersifat sementara atau permanen, pasalnya disekitaran lokasi itu juga akan dibangun Istana Presiden.

“Jika nanti sudah dijadikan Istana, belum tau masyarakat umum boleh masuk atau tidak. Dan wisata itu juga bakal ditutup atau tetap dijadikan wisata untuk masyarakat umum,” kata Irvan (24/05/2022).

Disinggung mengenai program Dinas Pariwisata terkait titik nol IKN, Irvan menegaskan tidak ada program apapun untuk meningkatkan pengunjung, karena sampai saat ini belum mengetahui sifat wisata tersebut yang akan dibangun permanen atau sementara waktu saja.

“Meskipun begitu tentu kita tetap mendukung dengan adanya wisata titik nol IKN itu, apalagi jika Istana sudah dibangun tetapi wisata tetap buka, itu akan menjadi nilai daya tarik masyarakat. Disayangkan jika harus ditutup. Apalagi lokasi itu menjadi momentum satu air satu tanah yang dibuat oleh Presiden RI, dan berkumpulnya Gubernur seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Diketahui, tidak jauh dari titil nol IKN Nusantara juga terdapat tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti air terjun Tembinus, Goa Raja Bukit Embun dan lainnya. (taa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.