oleh

Wakil Ketua DPRD Kaltim: Hari Lahir Pancasila 1 Juni Adalah Bulan Bung Karno

Samarinda, Kaltimnow.id – Momentum peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2021, dapat meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan rakyat terkhusus masyarakat Kalimantan Timur.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun menyebut, bulan Juni adalah bulan bung Karno, karna banyak sekali momentum bersejarah berkaitan dengan Bung Karno.

“Tanggal 1 Juni bung Karno mempidatokan terkait dasar negara Republik Indonesia di depan BPUPKI tentang Pancasila, kemudian pada bulan ini juga ulang tahun bung Karno dan bung Karno wafat di tanggal 21 Juni, ini makanya kami menyebut bulan ini dengan bulan bung Karno,” jelas Samsun saat dihubungi media, Selasa (01/06/2021).

Terkait dengan Pancasila 1 Juni adalah momentum yang sangat luar biasa, karna BPUPKI pertama kali membahas terkait dasar Negara Indonesia berdiri.

“Berbagai pakar, tokoh politik, dan tokoh pergerakan saat itu sudah menyampaikan terkait dengan pandangan dan dasar negara, nah bung Karno menyampaikan terkait Pancasila ini, kemudian menjadi pokok bahasan di rapat-rapat BPUPKI berikutnya, sehingga ditetapkanlah Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia,” jelas legislatif asal PDI Perjuangan itu.

Samsun berharap para pemuda Indonesia untuk mengenang dan mempelajari sejarah, sebab ada perjalanan sejarah yang begitu panjang tidak boleh terlupakan.

“Supaya pemuda kita tau jati dirinya, dan jati diri bangsa ini seperti apa. Karna jati diri Indonesia tidak datang serta merta seperti hari ini yang kita rasakan, maka rentetan sejarah yang panjang harus kita ketahui,” pungkasnya.

Penulis: Chintia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *