oleh

Jembatan Mahkota 2 Dibuka Kembali dan Diganti Nama Jadi Jembatan Achmad Amins

Samarinda, Kaltimnow.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda resmi membuka Jembatan Mahkota 2 sekaligus mengganti nama jembatan menjadi Achmad Amins, pada Kamis (10/06/2021).

Sebelumnya pada 26 April 2021 lalu, jembatan Mahkota 2 Samarinda ditutup karena pergeseran pylon jembatan usai kejadian tanah ambles dan longsor di sekitar pondasi jembatan.

“Hari ini adalah syukuruan dan peresmian penggunaan nama jembatan tadi Mahkota 2 menjadi jembatan Achmad Amins, sekaligus pembukaan kembali pembukaan jembatan sejak ditutup sementara karena adanya longsor disekitar tiang jembatan,” kata Andi Harun saat meninjau jembatan bersama jajaran Pemkot Samarinda.

Terkait pergantian nama jembatan, Andi Harun menjelaskan bahwa Achmad Amins merupakan mantan Wali Kota Samarinda dan juga pencetus pembangunan jembatan tersebut.

“Achmad Amins ini adalah mantan Wali Kota Samarinda yang mencetuskan ide melaksanakan membangun dan upaya untuk mewujudkan jembatan ini menjadi seperti sekarang ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andi Harun mengatakan penyelesaian jembatan Mahkota 2 butuh perjuangan yang panjang hingga memakan waktu lebih dari 10 tahun.

“Sangat beralasan untuk kita dedikasikan menjadi jembatan Achmad Amins,” paparnya.

Sementara itu terkait anggaran perawatan dan penaganan jembatan Mahkota 2, Andi Harun mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak PUPR provinsi Kaltim, dan Kementerian PUPR.

“Untuk anggaran perawatan jembatan tahap pertama ini diperkirakan sebanyak Rp50 miliar. Selanjutnya akan kita koordinasikan ke PUPR provinsi, kemudian kementerian PUPR agar bersinergi menyediakan alokasi anggaran untuk perawatan jembatan,” ucapnya. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.