oleh

Peringati Hari Sumpah Pemuda di Titik Nol IKN, DPRD Kaltim: Ini Tonggak Sejarah Indonesia

Samarinda, Kaltimnow.id – DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) hadir pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94, yang digelar di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (28/10/2022).

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”, DPRD Kaltim diwakilkan oleh Ketua Komisi IV, Akhmed Reza Fachlevi.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada para pemuda pelopor, penggerak dan berprestasi, serta hiburan dari Marching Band Pupuk Kaltim.

Acara tersebut juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali; Gubernur Kaltim, Isran Noor; Anggota DPR RI, Hetifah Saifudian; Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Tri Budi Utomo; Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto; Pj Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer dan Plt Bupati PPU, Hamdam Pongrewa.

Reza sapaan akrabnya mengatakan, dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94, dilaksanakan di titik nol IKN merupakan hal yang positif.

Di mana menurutnya, ini adalah tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia dan Provinsi Kaltim, serta menjadi keseriusan pemerintah dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara.

Legislator dari partai Gerindra ini mengharapkan dengan adanya peringatan Hari Sumpah Pemuda di IKN, dapat membangkitkan semangat dan bersatunya pemuda pemudi di Kaltim.

“Saya harap dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, maka semangat pemuda pemudi Kaltim untuk bersatu, agar dapat membangun daerah dan membantu pemerintah dalam rangka mensukseskan pembangunan daerah maupun pembangunan nasional,” tukas Reza.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan dalam sambutannya, peringatan Hari Sumpah Pemuda di Ibu Kota Nusantara menjadi sangat penting karena merupakan kegiatan kenegaraan pertama yang dilakukan di IKN.

“Sekali lagi, IKN ini bukan untuk Kaltim. Bukan hanya untuk Indonesia, tapi bangsa-bangsa di dunia. Semua berkepentingan,” ujarnya.

Kemudian Menpora Zainudin Amali saat meyampaikan sambutan Presiden RI mengatakan bahwa mandat pemuda hari ini adalah menjadikan nilai persatuan di atas segala-galanya.

Mandat keragaman adalah anugerah besar yang harus dirangkai menjadi kekuatan luar biasa demi mencapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting ketangguhan bangsa menuju visi besar Indonesia Maju 2045, tapi juga tulang punggung kejayaan Indonesia sepanjang masa,” ujar nya saat membacakan sambutan Presiden.

“Bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menguatkan semangat bergerak, mendorong pemuda dengan segala kompetensinya untuk mencapai kejayaan bangsa,” tutup Zainudin. (tia/adv/dprdkaltim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *