oleh

Audisi LIDA 2021 Digelar Secara Online, Jaring Talenta Muda Asal Kaltim

Samarinda, Kaltimnow.id – Ajang pencarian bakat Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 segera hadir kembali di Indosiar. Sebelumnya LIDA baru saja menobatkan Meli LIDA (Jawa Barat) sebagai Juara LIDA 2020 menyusul kesuksesan Selfi LIDA (Sulawesi Selatan) Juara LIDA 2018 dan Faul LIDA (Aceh) Juara LIDA 2019.

Memasuki tahun keempat, kompetisi dangdut terbesar tanah air ini akan kembali menjaring talenta-talenta muda berbakat melalui audisi yang digelar secara online di 34 Provinsi di Indonesia mulai 15 November 2020 sampai 17 Januari 2021 mendatang.

Untuk di Provinsi Kalimantan Timur, Audisi LIDA 2021 dilangsungkan secara virtual, pada Rabu (23/12/2020).

Direktur Programming SCM Harsiwi Achmad mengatakan, pilihan menggelar audisi LIDA 2021 secara online tidak semata karena kondisi pandemi yang hingga saat ini belum juga usai. Melainkan juga menangkap animo masyarakat di audisi tahun-tahun sebelumnya yang harus menempuh perjalanan berjam-jam dari rumah menuju lokasi audisi yang digelar di Ibukota Provinsi atau Kabupaten.

“Panjangnya waktu pendaftaran mudah-mudah akan membuat calon peserta bisa lebih matang mempersiapkan diri sampai menjelang hari audisi online”, tambah Harsiwi.

Sementara itu, salah satu peserta audisi bernama Erma Wati (25) asal Muara Kaman, Kutai Kartanegara mengatakan, kesulitan mengikuti audisi yang digelar secara online.

“Karena pertama kali, agak susah online, apalagi di tempat saya susah jaringan. Kemudian cara teknisnya juga ga paham,” terangnya.

Erma mengaku sudah kedua kalinya ikut audisi LIDA, namun gagal di tahun 2019.

“Sudah pernah ikut LIDA tahun kemarin, tapi gagal. Tahun ini saya coba lagi. Kalau gagal bukan rejeki saya, tapi kalau lolos alhamdulillah rejeki orangtua saya,” katanya, dalam konfrensi pers virtual, Rabu (23/12/2020).

Erma kembali ikut audisi LIDA 2021 karena ingin membahagiakan kedua orang tuanya dan membawa nama baik Kaltim.

“Dari usia 11 tahun saya sudah suka nyanyi. Yang saya idolakan Aulia LIDA . Biasanya saya menyanyi di acara pernikahan dan hajatan,” paparnya.

Kemudian, peserta asal Samarinda, Faysa Najla (14) mengaku ikut LIDA 2021 ingin membahagiakan orangtuanya dan membawa nama baik Kaltim.

“Saat ini persiapan saya banyak hapal lagu, belajar dan siapan mental. Selama ini nyanyi dirumah aja,” tambahnya.

Audisi online LIDA 2021 dapat diikuti oleh pria maupun wanita berumur 14–25 tahun (kelahiran tahun 1996– 2007) yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut/ Melayu. Calon peserta dapat mendaftar melalui website: www.indosiar.com dengan mengisi formulir secara online berupa data diri, antara lain kartu identitas, foto terbaru full body dan close up. Tiap calon peserta juga harus mengupload 2 video cover di IGTV pribadi dengan menyanyikan lagu dangdut yang sudah ditentukan baik bertempo cepat (Up Beat) maupun tempo lambat (Slow Beat).

Link video yang sudah diupload ke IGTV kemudian dimasukkan pada form pendaftaran di kolom yang tersedia untuk proses penjurian. Akun instagram yang digunakan untuk mengunggah video tidak dalam kondisi private atau terkunci.

Lagu yang harus dibawakan peserta dalam video cover adalah “Gejolak Asmara” (Up Beat) dan “Tiada Tara” (Slow Beat) untuk peserta pria.

Sedangkan lagu “Ditikam Asmara” (Up Beat) dan “Kulepas Dengan Ikhlas” (Slow Beat) wajib dinyanyikan peserta wanita. Seluruh lagu dinyanyikan secara full dan merupakan suara asli (tanpa mixing dan aplikasi) dan tanpa alat musik.

Nantinya pendaftar terpilih akan dihubungi langsung oleh pihak Indosiar untuk mengikuti audisi online via aplikasi zoom dan dinilai langsung oleh juri-juri dari Indosiar. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *