oleh

Bumdes Desa Muara Enggelam Kelola Pamsimas, Ratusan Pipa Siap dialirin Air

Kukar, kaltimnow.id – Ratusan pipa air yang telah datang di Desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis siap dialirin air ke rumah masyarakat . Dimana program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menjadi salah satu unggulan program tersebut.

Nantinya program itu akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bersinar Desaku yang sudah berlangsung di tahun 2020 dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2021.

“Saat ini sudah masuk tahap pembangunan untuk tempat panggungnya, dan tingginya sekitar enam meter,” kata, Direktur Bumdes Bersinar Desaku, Ramsyah, Sabtu (21/11/2020).

Kemudian, Ramsyah menerangkan dengan adanya program Pamsimas ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi 166 Kepala Keluarga (KK) di Desa Muara Enggelam itu sendiri.

Untuk sementara, masyarakat harus membeli air bersih bersih ke Muara Muntai, dengan menempuh perjalanan selama 45 menit menggunakan jalur sungai.

“Jadi masyarakat harus membeli air besih ke luar desa, dan semoga ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih,” terangnya.

Ramsyah pun sangat optimis dengan adanya Pamsimas, dan bisa meniru keberhasilan dari program pengelolaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang sudah dirasakan oleh masyrakat serta menambah Pendapat Asli Desa (PAD). (adv/zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *