oleh

Camat Tenggarong Dorong Petani Terus Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Program pembangunan pertanian berbasis kawasan menjadi salah satu visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam mengembangkan dan memajukan pertanian di Kota Raja.

Di kecamatan Tenggarong sendiri, memiliki subsektor pertanian tanaman pangan yang mencakup padi, jagung, ubi-ubian, kacang-kacangan, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Sehingga Camat Tenggarong, terus memberikan motivasi kepada para petani untuk terus semangat dan meningkatkan hasil produksi secara maksimal.

“Untuk terus optimis dan semangat dalam meningkatkan sektor pertanian, mengingat Kukar adalah penyangga utama pangan di Provinsi Kaltim,” kata Camat Tenggarong Sukono, Rabu (06/04/2022).

Di Kecamatan Tenggarong sebagian besar kelurahannya memiliki potensi padi sawah. Selain padi sawah ada juga yang mengusahakan tanaman sayuran atau hortikultura dan buah-buahan dengan hasil yang baik dan bisa dijadikan mata pencarian utama untuk beberapa wilayah karena didukung oleh wilayah yang sangat memungkinkan untuk usaha dibidang pertanian.

“Melihat potensi yang ada, dari beberapa Musrembang, para petani memberikan usulan seperti jalan tani, normalisasi parit atau irigasi dan lainnya. Mengingat usulan tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian di Kecamatan Tenggarong,” ujarnya.

Selain itu, para petani di Kecamatan Tenggarong juga dapat mempelajari dari petani di luar daerah khususnya di Pulau Jawa. Dimana perkembangan sektor pertanian disana cukup maju dan berkembang luas.

“Para petani kita dapat belajar dari daerah-daerah lain yang telah berkembang dan maju, karena untuk potensi dari Kecamatan Tenggarong sendiri ada. Dan permintaan di pasar mayoritas dari sini,” tutupnya. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.