oleh

DLH Samarinda Ajak Warga Donasi Minyak Jelantah untuk Kampung Wisata Steling

Samarinda, Kaltimnow.id – Penyerahan rekor MURI terkait Pengumpulan Minyak Goreng Jelantah Terbanyak se-Indonesia, kepada Pemerintah Kota Samarinda, dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), di Ballroom hotel Aston Samarinda, pada Kamis (7/04/2022).

Nurrahmani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, menyampaikan rekor MURI yang di terima oleh Jelantah Membangun Samarinda (Jeng Rinda) dalam kurun waktu 1 bulan semenjak di sosialisasikan telah mengumpulkan minyak jelantah terbanyak se-Indonesia.

“Jadi setelah dikumpulkan dapat sekitar hampir 15 ton dengan nilai Rp100 juta lebih, jadi sudah dikumpulkan, rencana mau kita implementasikan untuk membangun itu setelah lebaran,” katanya.

Program pengumpulan minyak jelantah ini, kata Nurrahmani, sudah ada sejak tahun 2019 lalu, namun di tahun itu diperuntukkan di dunia usaha saja, lalu di tahun 2021 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), dan tahun ini diperuntukkan kepada masyarakat.

“Jadi memang ini kan programnya sejak 2019. Kemudian tahun 2022 ini kita mencoba membangun partisipasi masyarakat dengan satu item untuk kampung wisata di Steling, jadi kita sudah rancang dilapangan yang mana diperbaiki untuk spot yang bagus,” jelasnya.

Hasil ini, lanjutnya memang berasal dari hasil kerja sama yang kuat. Pihaknya memiliki 125 relawan dari unsur mahasiswa untuk mensosialisasikan program ini.

“Relawan melaksanakan edukasi dan penyuluhan dari tingkat kelurahan hingga RT dengan membentuk koordinator Jeng Rinda dari masing-masing RT dari unsur RT, PKK, Dasawisma, dan ibu-ibu muslimat,” ujarnya

Pihaknya akan terus melaksanakan door to door kepada masyarakat untuk melakukan edukasi terhadap pentingnya kesadaran akan lingkungan dengan tidak membuang limbah jelantah ke lingkungan dan mulai di donasikan untuk Jeng Rinda.

“DLH juga mendistribusikan jeriken kepada 59 kelurahan sebanyak 3000 jeriken yang disebar ke 1998 RT. Setelah itulah, relawan dan PT GSP mengambil donasi limbah jelantah serentak di 59 kelurahan tersebut,” terangnya.

Penulis: Cintia Rahmadani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.