oleh

Elektabilitas Demokrat Tertinggi Kedua di Kalangan Generasi Z

Jakarta, Kaltimnow.id – Litbang Kompas mengadakan jajak pendapat pada 24 September – 07 Oktober 2022. Hasilnya, PDI Perjuangan menjadi partai politik dengan elektabilitas tertinggi di kalangan generasi Z atau pemilih berusia 17-25 tahun, diikuti oleh Partai Demokrat.

Berdasarkan survei itu, PDI-P memiliki elektabilitas 19 persen di kalangan generasi Z (Gen-Z), disusul oleh Partai Demokrat (18,4 persen), dan Partai Gerindra (13,9 persen). Berikutnya berturut-turut adalah Partai Perindo 8 persen, Partai Keadilan Sejahtera (5,6 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (4,5 persen), Partai Nasdem (4,5 persen), Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (3,3 persen).

Partai-partai lainnya memiliki elektabilitas di bawah 2 persen di kalangan generasi Z. Sementara ada 13,2 responden yang menjawab tidak tahu, tidak ada, atau lainnya saat ditanya soal partai politik pilihan mereka.

Menanggapi hasil survei itu, Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim, Irwan Fecho, menegaskan bahwa Partai Demokrat memang menjadi pilihan yang tepat bagi anak muda.

“Kita punya ketua umum yang masih muda, cerdas, dan memiliki kemampuan leadership mumpuni, yaitu bung AHY (Agus Harimurti Yudhoyono),” katanya.

Hasil survei yang menempatkan Demokrat menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi kedua di kalangan pemilih Gen-Z, menjadi bukti bahwa AHY mampu menjadi magnet, selain juga kerja-kerja politik Partai Demokrat yang banyak menyasar anak muda.

Selain itu, Irwan menyebutkan bahwa kepengurusan DPD Partai Demokrat Kaltim, dari ketua hingga jajaran pengurus dan anggotanya, 75 persen adalah generasi milenial.

“Itu menjadi simbol bahwa Demokrat Kaltim siap menyambut bonus demografi dan sudah berhasil melakukan regenerasi,” katanya.

Kembali ke hasil survei yang dilakukan Litbang Kompas, Irwan mengapresiasi hal tersebut.

“Data ini (hasil survei) adalah fakta yang bisa di optimalkan untuk menggaet pemilih muda lebih banyak,” tandas politikus muda yang langsung duduk di kursi DPR RI pada keikutsertaan pertamanya dalam pemilihan legislatif lalu (2019).

“Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada kaum muda yang telah mempercayakan pilihannya kepada Partai Demokrat. Yakinlah kami tidak akan pernah lelah memperjuangkan kepentingan pemuda, karena di tangan pemuda lah masa depan bangsa ini berada,” ujar Irwan.

Penulis: Cintia Rahmadani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *