oleh

Festival 3 Danau, Dinas Pariwisata Kaltim Dorong Potensi Pariwisata Kaltim Dapat Bersaing

Samarinda, Kaltimnow.id – Potensi ekowisata di Kalimantan Timur (Kaltim) cukup beragam. Selain hutan hujan tropis yang menyimpan ragam flora dan fauna endemik, ada pantai, goa prasejarah dan banyak lagi. Namun wisata alam yang belum banyak di eksplorasi, yakni danau.

Kabupaten Kutai Kartanegara menyimpan potensi wisata danau yang memukau. Ada tiga danau yang lokasinya cukup berdekatan. Yaitu Danau Semayang, Danau Melintang dan Danau Jempang.

Ketiga danau itu saat ini menjadi salah satu tujuan wisata unggulan, yang terus dikawal Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim untuk dikembangkan.

Salah satu upaya pengembangan potensi wisata di Kaltim ini adalah dengan menggelar kegiatan bertajuk ‘Festival 3 Danau’. Ada beragam kegiatan yang dilakukan selama 3 hari itu, mulai Jumat 30 September hingga Minggu 02 Oktober 2022.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Ahmad Herwansyah menyampaikan, ada dampak baik dari segi ekonomi dan memajukan pariwisata yang ada dengan konsep ekowisata.

“Secara ekonomi, artinya ada pendapatan yang menghasilkan perputaran uang. Kedua, ekowisata yang tidak merubah kearifan lokal disana,” ujarnya, saat ditemui langsung di Kantor Dinas Pariwisata Kaltim, Jalan Jendral Sudirman Samarinda, pada Selasa (04/10/2022).

Kendati demikian, Festival 3 Danau yang ada, kata dia, perlu kembali dimaksimalkan, agar dapat melibatkan masyarakat lokal dalam pengelolaan sarana dan prasarana destinasi pariwisata.

“Kita akan memaksimalkan kembali banyak kegiatan. Pertama, tata kelola destinasi. Kedua, industri pariwisata dan ekonomi kreatif. Ketiga, promosi. Keempat, kelembagaan dan pelatihan. Pengelolaan sarana dan prasarana di lokasi pariwisata perlu melibatkan masyarakat lokal, agar ekowisata yang berkelanjutan meruapakan penekanannya dari upaya berkelanjutan. Hal ini terutama di persoalan homestay di wisata 3 danau,” jelasnya.

Ahmad Herwansyah berharap, peningkatan jumlah wisatawan dengan memastikan Festival 3 Danau akan terus berjalan untuk dapat menunjukkan kualitas pariwisata Kaltim agar dapat bersaing dengan pariwisata daerah lainnya.

“Harapannya kedepannya, dengan adanya kegiatan festival 3 danau memiliki daya saing, dapat terintegrasi dengan berbagai sektor, berkelanjutan dan memberikan dampak peningkatan pendapatan baik masyarakat, daerah dan negara,” tutupnya. (adv/ian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *