oleh

Poktan Desa Jembayan Sukses Budidaya Kambing

Kutai Kartanegara – Sebanyak 37 Kelompok Tani (Poktan) ternak Kambing Lestari di Desa Jembayan Tengah, Loa Kulu, Kutai Kartanegara, berhasil mengembangbiakan kambing. Saat ini sudah terdapat 92 ekor kambing yang dibudidayakan selama setahun terakhir.

“Jadi, awalnya kami hanya coba-coba, tapi sekarang kami sangat bersyukur, karena berkat budidaya kambing ini bisa membantu meningkatkan ekonomi warga sekitar,” kata ketua Kelompok Tani (Poktan) ternak Kambing Lestari, Nyoman Dayou, Selasa (01/12/2020).

Budidaya kambing di kelompok tani ini bermula ketika salah satu pihak perusahaan memberi dukungan berupa 10 ekor kambing sebagai uji tahap awalnya.

Setelah 10 ekor kambing bantuan perusahaan itu beranak, pihak perusahaan lalu kembali menyalurkan bantuan induk kambing tahap kedua, sebanyak 26 ekor dengan dua jenis berbeda, yaitu PE dan Etawa.

“Alhamdulillah dalam kurun waktu satu tahun ternak kambing mencapai 92 ekor,” kata Nyoman.

Nyoman mengatakan, setiap anggota yang tergabung dalam kelompok tani mereka, diberi tanggung jawab untuk memelihara dan merawat kambing indukan. Sementara, untuk anggota yang tak mampu melakukan dua hal itu, indukan kambing mereka akan digabungkan dalam satu kandang yang sama.

“Ada sekitar 17 kambing dan sebagian punya anggota poktan yang tak bisa memelihara sendiri,” ungkapnya.

Lanjut Nyoman, banyak orang yang berdatangan dan tertarik untuk membeli kambing, namun sementara ini belum diperjualbelikan.

“Satu atau dua tahun ini kami fokus untuk membudidayakan dulu, agar keberlangsungan kambing kedepannya terus berlanjut,” pungkasnya. (yue)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.