oleh

Erick Thohir Sebut Potensi Ekonomi Ultra Mikro di Samarinda Sangat Besar

Samarinda, Kaltimnow.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa target pertumbuhan Indonesia sebesar 5 persen setiap tahunnya. Mengejar hal itu, Pemerintah mendorong pengembangan ekonomi dari berbagai sektor. Salah satunya melalui sektor perekonomian terbesar yaitu ultra mikro.

Erick menilai, pengusaha atau pelaku UMKM perempuan sangat teliti dan mampu membangkitkan ekonomi keluarga di berbagai daerah, sehingga pada akhirnya mampu mendongkrak kinerja ekonomi nasional. Erick pun optimis kinerja ekonomi Nasional akan terus tumbuh 5 persen ke depan.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam kegiatan Pasar Rakyat dan Festival UMKM di Samarinda yang menghadirkan lebih dari 3.000 nasabah PNM Mekaar, pada Kamis (06/10/2022) lalu.

“Potensi ekonomi ultra mikro di Samarinda ini sangat besar, namun belum optimal. Hingga kini saja jumlah nasabah ultra mikro yang sudah bergabung di program Mekaar tidak sampai 50 persen dari total keluarga pra sejahtera di Samarinda” kata Arya, dikutip dari keterangan tertulis, pada Kamis (13/10/2022)

Tercatat hingga kini jumlah nasabah ultra mikro baru mencapai 10.169 perempuan. Lebih lanjut Arya mengajak Ibu-Ibu di Samarinda untuk bergabung dengan PNM Mekaar untuk mengembangkan usahanya.

“Bunga usahanya kecil, tanpa jaminan. Jadi tidak perlu takut untuk segera bergabung jadi nasabah Mekaar” jelas Arya.

Kegiatan “Pasar Rakyat dan Festival UMKM BUMN” juga turut dihadiri oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun. Dia memberikan apresiasi kepada BUMN yang telah memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Kota Samarinda.

Dalam kegiatan tersebut juga ikut diramaikan oleh kehadiran 60 UMKM asal kota Samarinda. Salah satunya adalah pemilik Kerajinan Khas Kaltim “Manika Kaltim”, Meitasari.

Ia mengatakan kegiatan Pasar Rakyat ini sangat membantu usahanya untuk promosi, setelah 2 tahun pandemi covid-19.

“Akhirnya kami bisa promosi lagi, ini bisa dibilang kali pertama kita untuk bisa pameran lagi. Saya berharap BUMN bisa memberikan kesempatan untuk UMKM bisa promosi sampai ke tingkat Internasional,” ucapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *