oleh

Inilah Sapi Kurban Presiden Jokowi Asal Samarinda Berbobot Satu Ton

Samarinda – Presiden RI Joko Widodo telah membeli seekor sapi asal Samarinda seberat hampir satu ton. Sapi tersebut rencana akan dikurbankan pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 untuk warga Kalimantan Timur.

Sapi berjenis Limousin dibeli oleh Jokowi berdasarkan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Kaltim, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim.

Dari sekian peternak sapi yang ada di Kaltim, sapi milik Subroto (50) dipilih langsung oleh pihak keperesidenan.

“Sebelumnya saya berharap ketika ada Pak Presiden Jokowi menyumbangkan satu sapi di setiap provinsi. Alhamdulillah tahun ini terpilih,” katanya, Rabu (29/07/2020) siang.

Berlokasi di Jalan Muang Ilir, Kelurahan Lempake, Samarinda Utara. Sapi seberat hampir satu ton itu, sudah di rawat olehnya sudah empat tahun lamanya.

“Sapi ini jenisnya memang yang ukuran besar, jenisnya Simmental atau Limousin. Beratnya sementara ini sekitar 968 kilogram, hampir satu ton,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam usaha ternak sapi yang ia memiliki ada sebanyak 46 ekor sapi. Dari jenis sapi terdiri dari Limpusin, Ongole, Madura, dan lain-lainnya.

Subroto menyampaikan, usaha ternak sapi yang sudah ia geluti tersebut merupakan turun temurun dari sang ayah yang merupakan orang transmigrasi asal Magelang, Jawa Tengah tahun 1971.

“Ngikut bapak kesini program transmigrasi tahun 1971 asal Magelang. Memang dari dulu pekerjaan orangtua jadi petani dan peternak sapi. Dan diwariskan ke saya,” ungkapnya. (tor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.