oleh

Terkait Penyertaan Modal ke Perusda, Diharapkan Pemprov Kaltim Selalu Libatkan DPRD

Samarinda, Kaltimnow.id – DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) harapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat selalu melibatkan anggota legislatif ketika akan memberikan penyertaan modal usaha bagi Perusahaan Daerah (Perusda).

Hal tersebut diungkapkan anggota DPRD Kaltim, Muhammad Udin, yang berharap untuk kedepannya Pemprov Kaltim dapat selalu melibatkan dewan dalam penyertaan modal kepada Perusda.

“Kami harap Pemprov Kaltim selalu melibatkan DPRD jika ingin memberikan penyertaan modal kepada perusahan daerah, karena salah satu fungsi DPRD adalah pengawasan, supaya kami bisa mengawasi penggunaan dana yang disalurkan,” katanya.

Pernyataan ini dia utarakan, karena sebelumnya penyertaan modal dari Pemprov Kaltim untuk salah satu Perusda setempat tidak melibatkan DPRD, sehingga sebelum ini pihaknya tidak mengetahui adanya penyertaan modal usaha tersebut.

“Padahal seharusnya pengajuan anggaran penyertaan modal oleh Perusda melalui Pemprov Kaltim kepada Komisi II DPRD Kaltim, setelah ada pengajuan, baru dibahas bersama, setelah mendapat persetujuan dalam pembahasan, baru diberikan rekomondasi untuk tindakan lebih lanjut,” jelas Udin sapaan akrabnya.

Jika Pemprov Kaltim memberikan modal usaha tanpa diketahui oleh DPRD, maka dikhawatirkan lepas dari pengawasan, sehingga hal ini harus menjadi perhatian semua pihak terkait.

“Fungsi DPRD salah satunya adalahan sebagai pengawasan, namun ketika Komisdi II tidak dilibatkan dalam hal penyertaan modal dari Pemprov kepada Perusda itu, tentu kami tidak mengetahui bagaiman pengelolaan keuangan dari modal usaha tersebut,” pungkasnya. (tia/adv/dprdkaltim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *