oleh

Hari Pahlawan Nasional, Komisi IV DPRD: Kaltim Harus Ada Satu

Kukar, kaltimnow.id – Setiap daerah memiliki tokoh pahlawan, misalnya di Pulau Kalimantan sendiri ada  beberapa pahlawan nasional.

Para pahlawan nasional tersebut, ada yang diabadikan pada uang kertas seperti duaribu rupiah yakni Pangeran Antasari, dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut dan dari Kalimantan Barat, Gusti Abdurrani Pangeran Natakusuma.

Lalu apakah dari Kalimantan Timur ada pahlawan nasionalnya ?

Wartawan Kaltimnow.id pun menghubungi Sekretaris Komisi IV Kesejahteraan Rakyat (Kesra) DPRD Kaltim, Salehuddin. Ia mengatakan ada satu nama tokoh bernama Sultan Aji Muhammad Idris dari Kesultanan Kutai Kartanegara berpotensi mendapat gelar tersebut.

“Setelah pertemuan kemarin. Tim TP2GD pusat mengatakan tokoh Sultan Aji Muhammad Idris, sesuai dengan persyaratan nama tersebut bisa menjadi pahlawan nasional dari Kaltim” katanya, Jumat, (13/11/2020).

Salah satu buku yang berjudul Perjuangan Sultan Aji Muhammad Idris karya Safardy Bora, Dkk. Telah mencatat perjuangan sang sultan. Dalam buku itu juga di jelaskan tentang perjuangannya membantu membebaskan Kerajaan Wajo yang saat itu di kuasai Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC).

Perjuangan tersebut menjadi salah satu kisah bagaimana kerajaan-kerajaan pada masa lalu saling bahu membahu mengusir penjajah. Bukti sejarah itu yang membuat Sultan Aji Muhammad Idris berpotensi menjadi pahlawan nasional.

“Karena sudah banyak bukti sejarah dari Arsip Nasional dan Perpustakaan Leiden di Belanda yang membuat nama Sultan Aji Muhammad Idris dapat diusulkan menjadi Pahlawan Nasional” jelasnya.

Sehingga nama Sultan Aji Muhammad Idris pun menjadi buah bibir yang hangat di Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November.

Salehuddin pun berharap dengan munculnya salah satu tokoh pahlawan dari Kaltim, dapat menambah daftar pahlawan nasional.

“Insyallah Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur akan menjadi pahlawan nasional” pungkasnya. (adv/yue/ant).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *